Header Ads

Breaking News
recent

CATATAN AKHIR 2016 Oleh Nahwan Pasangio

"Izinkan aku memilih jalanku sendiri "
Kata singkat yang membuka catatan Akhir 2016, ini bukan orasi politik, bukan pula orasi Ilmiah, bukan juga orasi kebudayaan, tapi tentang orasi rasa. Rasa yang mengajarkan sebuah kesetiaan, rasa tentang kejujuran, rasa saling terbuka yang seketika semua tertutup tanpa pemberitahuan.

Sebuah rasa yang mengantarkanku pada kursi madrasah yang menuntun aku pada sebuah pengembaraan, pengembaraan yang mengajarkan tentang arti kehilangan sebelum kehilangan itu terjadi. Rasa yang membuat aku seperti Insan gila, disaat rasa penuh kehampaan, saat rasa hampa memenuhi ruang waktu, saat semua terbengkalai oleh rasa yang hilang.

"Izinkan aku memilih jalanku sendiri"
Perantau adalah insan yang kuat
perantau dialah pria sejati
perantau dilarang menanggis
perantau bukanlah mereka yang menyerah
pada keadaan.

Perantau adalah mereka yang mengembara 
dengan sejuta impian
walaupun yang mereka tujui
adalah kota asing 
yang tidak pasti.

Semua berjalan pada rotasi rahasia
dialah Rotasi takdir
Takdir Maha Kuasa.

Jikalau perantau itu meneteskan air mata
itu bukanlah air mata penyesalan atas pilihan
melaikan renungan dosa
dosa yang mengentarkan mereka
pada kota hijrah yang mereka tuju.

Sahabat...Saudaraku...Sayangku...Impianku...Mimpiku...
izinkan aku memilih jalanku sendiri
ditahun baru ini
Jika kematian itu menghampiri
sebelum sampai tujuan
Kirimkan aku AL-FATIHAH
Aamiin.
**********
Samarinda,30 Desember 2016



1 komentar:

Anonim mengatakan...

Pretty section of content. I simply stumbled upon your website and in accession capital to say that I get actually loved
account your weblog posts. Anyway I will be subscribing in your
augment and even I achievement you access constantly rapidly.

ditulis oleh Nahwan Pasangio. Diberdayakan oleh Blogger.