Header Ads

Breaking News
recent

10 Bahan Alami untuk Mengatasi Gatal-Gatal Pada Kulit

Kulit gatal bisa disebabkan oleh banyak hal seperti reaksi alergi, gigitan serangga, atau kondisi kulit seperti eksim dan psoriasis. Anda bisa melindungi diri Anda dari rasa gatal dengan bahan-bahan alami di rumah. Berikut beberapa bahan alami yang dapat digunkan untuk mengatasi kulit gatal.

Berbagai pilihan alami untuk mengatasi kulit gatal

1. Lidah buaya

Lidah buaya dikenal memiliki segudang manfaat, salah satunya adalah untuk meredakan iritasi dan kulit gatal. Gel lidah buaya bisa langsung Anda oleskan ke kulit yang iritasi dan gatal.
Iritasi dan kulit gatal juga bisa disebabkan oleh kulit yang kering. Lidah buaya dapat membantu mengatasi hal ini, dengan menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit Anda karena lidah buaya mengandung air yang sangat tinggi. Lidah buaya juga memiliki sifat antimikroba yang dapat mencegah berkembang iritasi menjadi infeksi.
Selain itu, lidah buaya membantu merangsang pertumbuhan sel sehingga kulit yang iritasi akan lebih cepat sembuh dan meninggalkan bekas luka yang hanya sedikit saja.
Tanaman herbal ini juga bertindak sebagai antiradang alami yang membantu mengurangi kemerahan, radang, dan nyeri yang berhubungan dengan iritasi kulit.
Terkadang kulit gatal juga disertai dengan rasa nyeri. Lidah buaya memiliki sifat penenang yang dapat mengatasi kulit gatal.

2. Cuka apel

obat batuk alami
Cuka apel dapat mengatasi kulit gatal karena iritasi kulit akibat reaksi alergi. Anda bisa menerapkan satu sendok teh cuka apel ke kulit yang gatal. Anda juga dapat menggunakan kompres kapas rendaman cuka apel untuk mengatasi kulit gatal.
Sifat antiseptik dan antifungi pada cuka apel juga dapat membantu meringankan infeksi kulit. Selain itu, cuka apel juga dapat membantu mengurangi kulit kering, yang dapat menyebabkan iritasi.

3. Centella asiatica

Centella asiatic  atau di Indonesia dikenal dengan pegagan adalah tanaman herbal yang digunakan untuk mengobati luka ringan. Tanaman herbal ini mengandung bahan kimia triterpenoid yang berguna untuk mempercepat penyembuhan luka, meningkatkan antioksidan di kulit yang iritasi, memperkuat kulit dan meningkatkan aliran darah ke area kulit yang terluka.
Selain itu, kandungan asiaticoside dan madecassoside pada Centella asiatic juga mampu meningkatkan produksi kolagen yang dapat mempercepat proses penyembuhan kulit yang iritasi. Juga, dapat memudarkan bekasnya dengan lebih cepat.

4. Minyak kelapa

minyak kelapa untuk rambut
Minyak kelapa dipercaya dapat mengobati berbagai masalah kulit seperti kulit gatal, jerawat, psoriasis, dan eksim. Kandungan protein pada minyak kelapa dapat membantu proses regenerasi sel-sel kulit, yang berarti dapat membantu memperbaiki kulit yang rusak sehingga dapat mencegah terjadinya masalah kulit seperti iritasi.
Selain itu, minyak kelapa juga efektif digunakan sebagai pelembap kulit, terutama untuk orang yang kulitnya cenderung kering.

5. Tea tree oil

tea tree oil
Tea tree oil memiliki sifat antiradang dan antimikroba yang dapat meredakan iritasi kulit dan mengatasi kulit gatal.
Dengan sifat antiradang pada kandungan tea tree oil, kandungan tersebut dipercaya dapat meredakan gatal eksim dan psoriasis kulit.
Caranya mudah, campurkan satu sendok makan minyak kelapa, 5 tetes minyak pohon teh, dan 2 tetes ekstrak lavender, buat teksturnya seperti cairan lotion untuk kulit. Anda bisa menggunakannya sebagai krim gatal yang bisa dibawa berpergian.

6. Oatmeal

mandi oatmeal
Oatmeal bersifat humektan, yang dapat membantu melembapkan kulit. Oatmeal juga mengandung senyawa avenanthramide yang bekerja mengurangi peradangan dan kemerahan pada kulit.
Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mandi dengan bubur oatmeal dingin. Ini dapat memperbaiki kulit Ada yang iritasi. Selain itu, mandi oatmeal juga dipercaya dapat menjadi obat alami untuk eksim dan psoriasi.

7. Baking soda

6 manfaat baking soda untuk kecantikan
Baking soda adalah obat alami yang juga baik untuk ruam kulit gatal. Tambahkan secangkir baking soda di wadah air dingin dan rendam tubuh Anda selama sekitar setengah jam untuk hasil maksimal. Anda juga bisa mengompres area kulit yang gatal dengan waslap atau handuk bersih yang sudah direndam air baking soda.

8. Kulit buah

manfaat kulit pisang
Kulit semangka mengandung antiradang yang berfungsi menenangkan iritasi kulit atau yang terasa gatal, dan menyegarkan kulit Anda. Selain itu, kulit pisang juga dapat mengatasi kulit gatal kemerahan, karena dapat melembapkan kulit.

9. Daun peppermint

manfaat peppermint
Minyak esensial peppermint bisa digunakan untuk mengatasi kulit gatal dan iritasi kemerahan akibat gigitan serangga atau tanaman beracun. Hal ini karena daun peppermint bersifat dingin dan sangat menyejukkan.

10. Minyak zaitun

manfaat minyak zaitun, minyak zaitun untuk wajah, khasiat minyak zaitun khasiat minyak zaitun, manfaat minyak zaitun untuk wajah, manfaat minyak zaitun untuk rambut
Minyak zaitun dapat menyembuhkan kondisi kulit kering, gatal, atau iritasi kemerahan. Minyak zaitun mengandung oleochantal yang bisa menghilangkan rasa tidak nyaman akibat peradangan di kulit, khususnya wajah.
Sumber: https://hellosehat.com/hidup-sehat/tips-sehat/bahan-alami-mengatasi-kulit-gatal/

Tidak ada komentar:

ditulis oleh Nahwan Pasangio. Diberdayakan oleh Blogger.